Halaman

Senin, 11 Juni 2012

Penggunaan program perangkat lunak

Perangkat lunak atau software adalah komponen yang sangat penting disamping hardware, dan brainware atau user. Pada bagian sebelumnya sudah di bicarakan system kerja computer yang hanya dapat membaca bahasa mesin berupa bilangan biner. Software di ibaratkan jiwanya computer yang mengendalikan semua yang dilakukan oleh hardwere. Jadi tanpa software hardware tidak memiliki arti apa-apa. Software terbagi atas lima bagian penting yaitu system operasi, alat pemograman, bahasa pemograman, alat bantu/utility aplikasi.

Saat ini system OS  yang berdar dipasaran antara lain:
-          PC DOS dan MS DOS merupakan system operasi produk dari IMB CORP dan Microsoft Corp yang digunakan untuk computer mikro.
-          System operasi ucsd p-sistem yang digunakan untuk menunjang UCSD Corp.
-          System operasi UNIX yang dibentuk dari bahasa C yang diperkenankan untuk computer jaringan khusus.
-          CCP/M-86 merupakan system operasi dengan fasilitas yang canggih karena pada system inii dapat dipakai password untuk setiap file, fasilitas window, dan kemampuan untuk menjalankan beberapa program secara bersamaan.
-          System operasi CP/M-86 yang merupakan perbaikan dari system operasi CP/M-86 yang dipakai pada computer APPLE.
-          System operasi linux yang diproduksi untuk menunjang linuk.
Mengaktifkan disk operating system
Setiap computer yang dihidupkan selalu dimulai dari booting. Proses booting adalah proses pengidentifikasian semua hal yang berkaitan dengan operasional computer, agar computer dapat memahaminya lebih jauh, lakukan langkah-langkah berikut.
1.       Aktifkan computer
2.       Klik start
3.       Pilih program
4.       Pilih command prompt
Entar terdapat tulisan “ Microsoft windows xp [version 5.1.26 00]
<c> copyright 1985-2001 microsoft corp.
Tulisan ini mnunjukan bahwa program yang diaktifkan adalah Microsoft windows xp dan merupakan hak cipta yang dilindungi oleh Microsoft corporation.
Selanjutnya membersihkan dan menampilkan direktori
Untuk membersihkan layar caranya dengan ketik cls, singkat dari clear screen. Cls diketik pada prompt dan tekan enter maka layar otomatis akan bersih.
C:\>cls<enter>
Sedangkan untuk menampilkan document  men-0document yang ad pada directori atau subdirectory yang bersangkutan caranya dengan mengaktifkan directori/subdirektori yang akan ditampilkan. Pemerintah untuk menampilkan nya adalah
C;\dir<enter>
Pada tampilan diatas tampak tulisan dir yang artinya adalah direktori, sehingga disana ada direktori start menu, my document, faforites, dan desktop. Jika ingin menampilkan document pada direktori desktop , maka caranya ketik
C;\cd desktop <enter>
C:\> dir <enter>
Dan untuk kembbali ke sebelumnya ketik
C:\cd..<enter>
Maka kembali ke c:\dokumenand settings \plus students

                Jika tampilan dokumen yang ada inginkan disajikan perhalaman, maaka perintahnya adalah dir/p singkatan dari pages, untuk menampilkan dokumen secara memanjang, maka perintahnya dir/w singkatan dari width.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management