Halaman

Jumat, 15 Juni 2012

PRINSIP KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA


Pengguna computer atau user kadang kadang berada di depan computer berjam-jam bahkan berhari-hari, hal ini disebabkan karena tuntutan pekerjaan atau hobinya dalam bidang computer. Agar kesehatan tidak terganggu maka dibutuhkan kenyamanan dalam menggunakan computer.
Kenyamanan yang dibutuhkan meliputi kenyamanan keadaan user maupun hardwere atau perangkat keras computer.untuk dapat nyaman didepan computer seorang pengguna computer harus memiliki posisi yang benar, baik posisi duduk,  posisi mata, dan posisi tangan di kwboard.
Posisi duduk yang benar didepan computer antara lain, tempat duduk yang ideal yang bersandar kursi yang ideal bias berputar dan dapat diatur tinggi rendahnya. Tempat duduk yang tidak nyaman apalagi tidak bersandaran dapat mengakibbatkan kelelahan pada punggung. Keluhan nyeri punggung paling sering timbul karena posisi duduk yang tidak benar.
Yang ke dua adalah posisi mata terhadap layar, posisi mata pada layar harus lurus dan tidak terlalu tinggi atau rendah jika posisi mata lebih tinggi atau lebih rendah maka leher akan menjadi cepat lelah , layar yang digunakan sebaiknya juga layar yang low radiasi. Saat ini sudah adlayar jenis LCD.
Layar LCD sejuk dimata dan aman dari radiasi jiaka menggunakan crt layar diusahakan di setel tidak terlalu terang, pemberian warna yang terlalu terang dapat mengganggu penglihatan mata sehingga lama kelamaan mata akan menjadi rabun.
Untuk menghindari kerusakan mata, kita dapat menggunakan kaca anti radiasi. Demikian juga posisi tangan pada keyboard, tangan paling banyak melakukan aktifitas dibandingkan dengan panca indra yang lain karena hal inilah maka posisi tangan pada keyboard harus dibuat senyaman munggkin sehingga tangan tidak cepat lelah pilihlah tuts keyboard yang lembut dan gunakan jari sebanyak mungkin untuk mengetik. Keluhan lelah pada jari sering kali terjadi pada pengguna computer

Mempergunakan posisi duduk yang baik dan benar
Diatas telah disinggung bahwa posisi duduk user di depan computer harus benar supaya tidak cepat lelah posisi duduk yang benar adalah menghadap computer lurus tidak menyamping atau membentuk sudut terhadap layar computer. Posisi punggung lurus dapat diperoleh jika posisi layar (monitor) computer sejajar dengan mata, kusi yang nyaman tidak harus mahal yang penting ada senderan dan posisi duduk bias bebas.
Jika kita menggunakan computer dalam jangka waktu yang lama istirahatlah sebentar atau berdiri untuk meluruskan pinggang jika duduk dalam jangka waktu yang lama maka punggung  kita akan kekurangan oksigen sehingga menjadi nyeri. Agar rasaa nyeri hilang maka harus dapat menormalkan kembali aliran oksigen kepunggung.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management