Halaman

Rabu, 13 Juni 2012

Mengenal macam jaringan telekomunikasi


Teknologi informasi akan terus berkembang mengikuti peradaban dan kebutuhan manusia. Dengan teknologi komunikasi yang tersedia saat ini,kita dapat berbicara dengan orang lain yang jaraknya sangat jauh melalui telepon. Dengan semakin canggih TI, bahkan kita dapat melihat orang yang berbicara dengan kita melalui televise yang dikenal sebagai teleconference.
Teknologi komunikasi yang popular saat ini adalah internet.  Internet yaitu kumpulan jaringan computer seluruh dunia yang terkoneksi atau terhubung secara simultan sehingga memungkinkan untuk saling bertukar data dan informasi antar computer.
Internet pada mulanya dikembangkan untuk keperluan militer amerika serikat dengan arpanetnya. Pada tahun 1993, teknologi internet baru digunakan untuk kalangan sipil yang dikembangkan oleh cern. Sekarang internet sudah merambah keberbagai kehidupan mulai dari pendidikan, perkantoran sampai rumah tangga. Internet tidak mengenal batas Negara. Luasnya internet saat ini menjadikan internet memiliki dunia tersendiri yang tanpa batas atau dikenal dengan dunia maya.

Macam-macam jaringan computer
Hubungan antara computer untuk membentuk jaringan yang dihubungkan melalui kabel. Pada mulanya sangat sederhana dengan dua computer kemudian dikembangkan menjadi beberapa computer hingga pada keperluan yang lebih besar.
Saat ini banyak jenis jaringan yang digunakan oleh masyarakat seperti CAN (controller area network), LAN (local area network, WAN ( wide area network), MAN (metropolitan area network), PAN (personal area network) dan jaringan itu sendiri.

Mengidentifikasi LAN dan WAN
Pda mulanya jaringan diciptakan dalam kelompok kecil dengan menggunakan kabel sehingga dalam satu kantor kemungkinan hanya bias bertukar data secara terbatas. Jaringan ini dikenal sebagai jaringan LAN. Jaringan LAN dibentuk untuk kebutuhan dan kondisi antara lain beroprasi dalam ruang terbatas, mempunyai daya akses yang tinggi, koneksi secara full time, dan kendali secara local.
Dengan meningkatkannya kebutuhan manusia untuk kepentingan yang lebih besar, misalnya organisasi dan perhimpunan dagang maka dikembangkan WAN atau dikenal sebagai internet. Software yang digunakan biasanya berdasarkan keperluan jaringan computer yang ada. Setiap jaringan harus mematuhi aturan jaringan yang dikenal sebagai topologi jaringan. Topologi jaringan yang aada saat ini antara lain topologo bus , topologi ring, topologi hirarki, topologi star, dan topologo mesh


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management