Halaman

Rabu, 04 Juli 2012

Motherboard


Motherboard yaitu tempat dimana komponen computer ditancapkan dan dapat saling berhubungan. Dan banyak sekali tipe motherboard namun kualitas motherboard  ditentukam oleh chipset yang tertanam didalamnya. Kaya gigabyte. Intel, SIS, nvidia nforce. Via dll
Motherboard adalah tempat pusat sumberdayta yang mengatur semua kerja computer atau semua komponen yang terhubung. Disamping itu motherboard juga mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.
Pada motherboard terpasang beberapa komponen seperti dudukan untuk prosesor baik yang berbentuk slot maupun soket. Soket memori, slot memori, slot AGP, pci, chipset, CMOS, dan komponen pendukung lainya.
Setiap motherboard memiliki karakteristik atau arsitektur serta komponen yang berbeda-beda. Tergantung pabrik yang membuatnya, seri produk, pangsa pasar yangingin diraih serta teknologi yang berkembang saat itu .dan ini adalah bagian penting yang terdapat di dalam motherboard. Anda perlu ketahui bahwa bagiian itu tidak selamanya terdapat didalam di setiap matherboart, tergantung kualitas, merek, dan jenisnya.
CHIP NORTHBRIDGE
Chipshet ini terdapat dideket prosesor yang berfungsi untuk menghubungkan dan mengendalikan prosesor dengan system memori dan system grafis dan biasanya ukurannya paling besar disbanding chip yang lainya di dalam motherboard, beberapa motherboard menambah heatsink atau kipas pendingin diatas chip ini sehingga chipnya sendiri tertutup oleh kipas.

SOKET PROSESOR
Soket berguna untuk menempatkan prosesor  didalam motherboartd. Bentuk soket ini sangat berbeda-beda semua itu tergantung jenis prosesor yang digunakan.
CHIP SOUTHBRIDGE
Bagian dari chipset pada motherboard yang ukurannya kecil dari pada northbridge yaitu segabai untuk menghubungkan dan untuk mengendalikan bus pada IDE, PCI, keyboard, mouse. USB  dan power management. Beberapa chip shoutbridge juga menyediakan fasilitas sound card yang ditanam di chip.
SLOT ISA
Isa 8 bit digunakan pada motherboard 8080 atau computer XT yang digunakan microprosesor 8 bit dan slotnya memiliki 62 pin yang terbagi pada kedua sisi.
Isa 16 bit digunakan pada motherboard 80286 ke atas atau computer AT slot isa 16 bit mempunyai 100 pin dan isa 8 bit kompatibel dengan isa 16 bit,misalnya monitor card 8 bit bias dipasang pada slot isa 16 bit.
Motherboard PC terbaru sekarang tidak menggunakan isa 8 bit, isa 16 bit / eisa.
VL BUS
Kinerjanya bias lebih cepat dari pada ketiga jenis slot sebelumnya dan berbasis 32 but, diterapkan pada motherboard 386. Kartu yang digunakan sekarang khusus diciptakan untuk vesa local bus ini yang bentuknya lebih panjang dari pada card isa. Jenis itu tidak begitu popular jadi jarang sekali digunakan pada motherboard jaman sekarang. Pabrik yang membuat komponen sekarang sudah tidak menciptakan kartu untuk model VL bus ini.
SLOT PCI
Slot yang warnanya putih dank rem umumnya terdiri dari beberapa slot 2-6 buah, tergantung pada tipe motherboard nya, berfungsi untuk menciptakan peripheral tambahan berbasis pci seperti sound card , tv tuner, dan modem. Dan lainya  slot ini mendukung pada akses 32 bit, berukuran lebih kecil dari slot isa.
SLOT GGRAFIS
Slot bbuat menancapkan kartu grafis, slot ini terdapat 2 macam. Yaitu yang bertipe agp dan pci-express dan apabila motherboard digunakan video on-board, slot ini umumnya tidak digunakannya.  Dan sebagai gantinya di belakan motherboard juga tersedia port untuk menancapkan monitor.
Di sini juga ada beberapa tipe motherboard, yang digunakan vga onboard tetapi juga mmenyediakan slot AGP maupun PCI exspress.
SLOT DPS
DPS atau power system atau DPVRM (dual power vultage legulator module). Sebenarnya standar board dengan p4 maupun yang menggunakan system power 3 phase atau 4 phase ada yang memiliki tambahan sebuah card regulator dan system ini menjadikan board memiliki 6 phase power pada system board.
BATERAI CMOS
Sebuah batre kecil yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi system computer, cmos kepanjangan dari komplementary metal oxide semicon duclor. Yaitu baterai yang bias habis pada masa pakainya dan bias diganti.
SLOT DIMM yaitu UNTUK RAM
Slot yyang berbentuk panjang yang bias digunakan untuk memasang memori utama atau ram, bentuk slot ini tergantung pada jenis memori yang bias digunakan untuk motherboard yang jumlah slotnya disediakan untuk setiap motherboard tidak tentu sama tergantung pabrik yang membuat motherboarnya.
CHIP BIOS
 Yaitu chip yang digunakan untuk menyimpan informasi dibios . dalam beberapa kasus kerja motherboard bias ditingkatkan dengan men-update bios ini. Dan apabila update gagal maka motherboard tidak bisa digunakan lagi. Bios kadang disebut rom bios karena kode disimpen dalam chip read only memory.

Port peripheral parallel ata/ide
Yaitu konektor untuk menghubungkan peripheral ide yaitu seperti harddisk parallel ata atau optical drive seperti drive pada CD/DVD dengan motherboard
PORT UNTUK FLOPPY DRIVE
Konektor yang bisa untuk menghubungkan floppy drive dengan motherboard. Jumlah kabel pada data FDD yaitu 34 buah.
PORT UNTUK SATA
Port untuk menghubungkan harddisk yang tipe serial ata dengan matherboartd jenis lama seperti low, tidak menyediakan konektor semacam ini.
Dan lebih bnyak lagi komponen motherboard lainnya seperti port ide raid, pin konektor usb, konektor untuk kipas pci, konektor untuk sasis kipas, konektor untuk power atx, konektor untuk power cpu, chip modem, chip untuk lan, chip untuk wi-fi, panel dibagian depan casing, jumper, port ps, port serial port parallel, port untuk game, port audio, port usb, port ieee 1394, port modem dan Ethernet, dll

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management