Halaman

Jumat, 16 Maret 2012

Sejarah Perkembangan Komputer

Perkembangan dunia teknologi informasi saat ini sudah sedemikian rupa,disamping untuk memenuhi kebutuhan manusia juga berkembang untuk keperluan teknologi informasi itru sendiri. komputer dibagi menjadi 4 generasi yaitu mainframe, mini komputer, workstation, dan personal komputer. mainframe adalah komputer generasi pertama dengan ukuran sangat besar, mini komputer yaitu komputer generasi kedua dan relatif lebih kecil dari komputer generasi pertama namun jika dibandingkan dengan komputer sekarang masih jauh dari ideal.
workstation mempunyai kemampuan yang baik untuk menyelesaikan perhitungan yang rumit karena komputer ini menggunakan sistem operasi NT. dan juga dilengkapi dengan RIS yang handal.
Komputer generasi ke-4 yaitu personal komputer (PC) yang hanya relatif terjangkau karena ukurannya yang kecil. PC bisa digunakan dimana saja mulai di pabrik, kantor, rumah, bahkan di dalam kamar pun bisa, dan komputer ini penggunaannya lebih mudah dari ada komputer generasi sebelumnya.
Sejak muncul pertama kali di tahun 1980, setiap tahun PC mengalami perkembangan dan perbaikan. dalam jangka waktu kurang dari 10th PC sudah menjadi luar biasa.
PC yang dibuat tahun 1980 merupakan cikal bakal dari semua teknologi personal komputer yang ada saat ini, keuunggulan dari PC yaitu memiliki standarisasi sehingga dapat dilakukan proses kloning. dengan proses kloning maka PC bisa di produksi secara masal dengan biaya murah tanpa mengurangi kinerja.
keunggulan dari PC lain adalah kompatibel antara satu produk perusahaan dengan produk perusahaan pembuat PC yang lain. pengguna komputer tidak perlu khawatir jika komputer mengalami gangguan karena perangkat software dan hardwere dapat dicari dan di perbaiki dengan mudah.


Semua oprasional computer dilakukan dari CPU, jika di umpamakan dengan manusia CPU ntu adalah otak computer yang mengontrol semua kegiatan. Didalam CPU terdapat prosesor yaitu otak dari computer itu sendiri dan kecepatan pada oprasional computer bergantung pada prosesor itu sendiri. Missal prosesor 16 bit mempunyai 16 data buscontoh generasi AT dan prosesor  32 bit memiliki 32 data bus contoh generasi 386, 486, dan Pentium.
Motherboard berfungsi membagi tempat bagi komponen yang terintegrasi. Didalamnya terdapat unit-unit, seperti prosesor, memory, shound card, input/output(I/O), dan sebagainya. Komponen yang melekat pada motherboard antara lain socket processor, chipset, slot ram, bios, slot ekspansi, serial port dan USB port.
Monitor yaitu perangkat yang digunakan untuk melihat hasil kerja computer yang di gunakan manusia, bentuknya seperti pesawat televise. Ukuran monitor dari yang terkecil 14 inci sampai 17 inci dan jaman sekarang sudah bnyak beralih pada LCD bahkan LED.
Keyboard dan mouse digunakan untuk menginput data. Ada beberapa macam keyboard, tapi yang paling popular dan yang sering digunaakan yaitu keyboard jenis Qwerty.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management